MESAKKE BANGSAKU BANDUNG

Ini tour ke tiga dari Pandji Pragiwaksono setelah BTT (Bhineka Tunggal Tawa) dan MDB (Merdeka Dalam Bercanda), tapi ini pertama kali saya nonton langsung SUC (Stand Up Comedy) dari Pandji, yang MDB cuma bisa liat di Kompas TV saat penutupan di Jakarta.

Untuk masalah tiket saya tau dari blog nya Pandji, dan untuk bandung tanggal 7 september 2013 dan jadi persinggahan ke-tiga dan ternyata @smartfrenworld juga mengadakan #SMARTREVIEW untuk para penonton yang membeli tiket via online. Dari sana mulai pantengin TL dari @StandupIndoBdg karena pasti ada kerja sama dengan komunitas kota yang bersangkutan. Tau tau ada pengumuman penjualan tiket Gelombang 1 tanggal 30 Juni 2013 pukul 00.00 Wib dan berebutan pula langsung bergerak cepat dah biar ga diambil orang. Untuk tempat lumayan dekat dari kampus dan bisa datang sehabis acara dari kampus.
Karena mau ngajak pacar, jadi beli yang gelombang 3. Pas hari H pacar ga bisa ikut, ya dari pada sendiri minta teman aja buat nemenin ke lokasinya.

Acara Tour Mesakke Bangsaku Bandung dimulai sekitar pukul 19:00. diawali dengan VT dari Alison Bule Bandung dan dibuka oleh MC ehh maaf saya orangnya pelupa akibat dari @FandiBakri dan ada VT dari Bapak Wali Kota Bandung Bapak Ridwan Kamil dan VT dari Opener Comic Lokal yaitu @FandiBakri orangnya pelupa, dagunya yang panjang (katanya ganteng) dan maaf saya orangnya pelupa. Bit yang gua paling suka adalah “Lulusannya mudah bekerja,,,ehh cari kerja gampang dapetnya yang susah” benar-benar #SMARTCOMIC pilihan. Lanjut ke Opener Kedua Juara 3 dari SUCI 3, Yap! @Arie_Kriting dari malang dan asal nya dari timur indonesia, ramah dan lauk pauk sedikit tapi nasinya banyak. Bit yang gua paling suka skenario berak dan berak saat sunrise di pantai. Walau udah denger beberapa kali itu bit tapi masih aja PECAH!! Pembukaan yang pas buat pemanasan sebelum yang punya acara.

Hingga akhirnya yang ditunggu-tunggu pemilik acara pun hadir. Ia hadir melalui pintu depan. dengan mengenakan jas Biru Dongker dan kaos putih dengan lambang acaranya MESAKKE BANGSAKU.
Materi yang menyinggung pemerintahan itu khas yang dimiliki Pandji.

Diawal Stand Up nya ia sudah membicarakan tentang golongan minoritas di Indonesia dimulai dengan diffabel, warga keturunan tionghoa yg dulunya tidak boleh menamai anaknya dengan nama yg berbau china, gay yang di Indonesia, sistem pendidikan di indonesia, kaum perempuan yang tertindas, mengenai personil NOAH dan Pendidikan anak kurang mampu.

Bit Pandji ketika mengenai politik. Ketika Pandji menanyakan ke semua penonton saat itu “Masih ingat siapa calon legistatif yang lo pilih?” hup! semua yang hadir sata itu terdiam. Karena banyak presepsi masyarakat yang melihat kertas di surat suara tersebut dari partai, wajah ataupun marga nya. Namun tidak sepenuhnya disalahkan oleh si pemilih. Bisa juga karena mungkin terlalu banyak calon-calon yang tidak familiar di telinga rakyat Indonesia terkecuali calon yang berasal dari kalangan Artis. Dan Pandji tak lupa untuk memberikan masukan jika ingin menilai orang lihatlah dari opini dan faktanya. Kalau nonton berita juga mending di “mute suara TV nya terus liat tagline yang ada disana” saran pandji. Karena banyak televisi di indonesia banyak di miliki partai politik, sehingga opini mereka tersampaikan tapi tidak sesuai dengan kenyataannya (faktanya).

Keahlian Riffing pandji ke penonton nge Kill pokoknya. Salah satu pria yang duduk di dekat stage jadi sasaran, pandji menyuruhnya mengatakan “TUJUH” kepada pria tersebut dan ketika pria itu mengatakannya, disaat itu pula pria tersebut menjadi bulan-bulanannya untuk meledek pria tersebut sebagai “gay” dari awal hingga akhir. Tapi pria tersebut kebingungan saat kenapa bilang “TUJUH” termasuk gay. Tak hanya itu pandji juga sempat meledek salah satu penonton yang membawa tas besar yang ternyata isi tasnya ada koin yang dibungkus plastik dan itu koin dari hadiah chiki dan digunakan sebagai uang cadangan dan lebih ekstrim lagi koin itu di emut dan di gigit oleh Pandji, HAHAHA jijik ada lucu ada.

Ternyata pemikiran gua sama dengan pandji saat membawakan bit mengenai pendidikan di Indonesia. yang mengharuskan keseragaman tentang pandangan, nilai, dan seringkali guru memojokan murid yang bodoh di depan teman-temannya di kelas. Mungkin di Universitas juga sama sistemnya kebanyakan masih menerapkan sistem hafalan dan textbook banget. Mahasiswa semakin kreatif dan inovatif di perkuliahan, sekarang inovatif nya nyontek bukan di papan dada/kertas, tetapi dengan menggunakan gadget dan kertas ukuran mini dan ternyata masih menerap di perkuliah sistem jahiliah itu tp ada move on nya ke gadget.

Pandji pun mendeskripsikan kisah dirinya ketika SD. sama seperti kebanyakan dari kita, pandji juga memiliki guru yang amat ia benci hingga sempat terlintas dibenaknya jika ia memiliki anjing ia akan menamainya dengan nama guru yang ia benci. pandji juga menceritakan gimana rasanya jadi bahan dan dipojokan oleh gurunya depan teman-teman sekelas, tetapi ada juga guru yang dia sukai yang fair ke muridnya, sampai kalau marah di temepeleng dengan tambahan cincin batu akik.

Pandji juga mengakui bahwa dirinya adalah termasuk dalam kaum minoritas yang dimana ia menyukai jenis musik yang bahkan hanya segelintir orang yang mengerti tentang musik tersebut, meskipun dia berasal dari suku yang mayoritas.

Dan bit Dipo keluar lagi, tambah ekstrem kelakuannya. dari belajar shalat, ga mau sekolah, ngeledek karya temannya (padahal ibu anak yang di ledek ada di sebelah Pandji), dan anak sd udah bisa bicara kotor dalam beda bahasa. Lebih kocak saat istri pandji ngigau dan pandji mencium istrinya (saking sayangnya) dan dipukul, esoknya bercerita “kamu mimpi apa?” “lagi di lecehkan sama supir taksi”. HAHAHA

Tak terasa 2 jam pun berlalu dan penonton pun mengapresiasikannya dengan standing applause yang sangat luar biasa REKOR Mr. PAndji. Setelah itu Pandji memberikan kesempatan kepada penonton untuk bertanya kepadanya tentang tanggapan dari isi Mesakke Bangsaku dan di akhir perjumpaannya Pandji membebaskan semua penonton untuk berfoto bersamanya. Sungguh pembawaan yang hangat dan ramah saat mau berfoto.

P1090462a

P1090486aP1090492b

Sufyan T.A @djleztsauri
thanks ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s