Cerita UN

Ini sebenarnya kejadian yang baru saya sadari soal kecurangan atau bocor nya jawaban UN. Langsung saja tanpa panjang lebar.

Kejadian ini terjadi 3 tahun yang lalu, saat saya akan melaksanakan ujian nasional tahun 2011.  Saya sekolah di SMA negeri paling sohor, kejadian aneh menurut saya terjadi beberapa minggu sebelum pelaksanaan ujian nasional yang pada waktu itu masih beberapa paket (saya lupa lagi tepatnya) tidak sampai 20 paket seperti sekarang. Ke anehan yang terjadi adalah di panggil nya beberapa siswa ke perpustakaan, dan perpustakaan tersebut tertutup tanpa sebab seperti terisolasi (biasanya tidak pernah terjadi hal yang seperti itu). Kejadian itu terulang lagi tapi dengan selang waktu yang lama. Langsung ke waktu pelaksanaan ujian nasional, saya kira tidak akan ada kunci jawaban yang keluar, tapi kenyataannya malah banyak yang dapat kunci jawaban lewat handphone pada malam hari. Di situ saya berfikir positif saja mungkin hanya kunci jawaban palsu, tapi kejadian aneh terjadi lagi…penyebaran kunci jawaban nya hanya ada di perwakilan kelas saja (dulu saya KM tapi malu malu seperti kurang pergaulan, tapi saya akui itu), saya tidak mencatat kunci jawaban itu, bukan sok pintar tapi tidak bisa saja serasa takut duluan. Sebelum ujian dimulai panitia inti (saya sebut begitu) mengumpulkan HP siswa (disita) dan salah satu guru yang lagi mengumpulkan HP bilang (tidak akan pernah lupa ucapannya) “apa sudah di catat kunci jawabannya? Kalau sudah hapus sms di HP nya”. Beberapa paket saja bisa bocor kalau 20 sekarang JEBOL!. Setelah ujian nasional selesai dan sampai akhirnya pengambilan SKHUN saya kaget ada yang nilainya besar hampir 10 dan yang bersangkutan juga tidak percaya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, saya tidak mau berburuk sangka tapi itu yang saya lihat. Saya tahu ini akan seperti menjatuhkan almamater saya tapi saya peduli pada adik adik kelas yang mencari ilmu di SMA, sekolah tempat mencari ilmu dan mengembangkan bakat non akademik maupun akademik. Siswa bukanlah suatu alat yang perlu di standardisasi, tapi berilah ilmu dan wawasan jangan kekang dengan tugas atau ujian bebaskan agar siswa berkembang dengan minat dan bakatnya.

Thanks for attention

Tinggalkan Balasan

